Lowongan Dokter Jogja Call Klinik Apotek Az Zahra 0274 711 3954 0821 3485 1327 PIN BB 25A87B74 Lowongan Dokter Yogyakarta untuk Praktek Dokter Umum Spesialis. 

Lowongan Dokter Jogja
Data Kementerian Kesehatan menyebut, sekira 3.000 puskesmas dan puskesmas pembantu di daerah-daerah terpencil di kabupaten maupun kota di Indonesia belum memiliki dokter.

“Dari 9.000 puskesmas, ada 3.000 yang belum terisi dokter,” kata Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia, Paul L Tahalele.

Selain itu, kata Paul, ada sekira 100 rumah sakit kelas C dan D yang juga belum memiliki dokter bedah. “Itulah yang memang terjadi. Tenaga dokter di Indonesia sangat kurang, berbeda dengan Malaysia,” ucap Paul.

Kondisi ini diperparah dengan keengganan dokter muda untuk ditempatkan di daerah-daerah pelosok.

“Persoalannya karena distribusi dokter itu tidak diatur, sehingga dokter muda yang lulus lebih senang ditempatkan di kota-kota,” terang Paul.

Untuk mengatasi ketimpangan, kata dia, harus ada regulasi yang mengatur penempatan tenaga medis.

“Seharusnya selama dua tahun awal mereka ditugaskan di daerah terpencil, baru mereka bertugas di kota,” tandasnya.

Sebelum era Reformasi, kata Paul, ada regulasi yang mengatur soal penempatan tenaga dokter, namun sekarang dihapus. “Mungkin ada baiknya ada aturan lagi soal itu, sehingga ada pemerataan,” harapnya.

Bila hal ini dibiarkan, masyarakat di daerah terpencil tidak akan dapat terlayani dengan baik. Pasien yang harus mendapat penanganan khusus harus pergi ke rumah sakit di kota.

Rata-rata di daerah hanya dilayani bidan maupun perawat. “Jangan kan dokter spesilias, dokter umum saja belum tentu ada,” sebutnya.

Gubernur Kalimantan Timur, Awang Farouk Ishak, mengamini pernyataan Paul tersebut. “Kami masih butuh banyak tenaga dokter, apalagi dokter spesialis. Khususnya di daerah yang jauh,” ucap Awang.

Pihaknya membuka lowongan sebanyak-banyaknya dokter yang mau ditempatkan di daerah-daerah. Pemprov akan menyediakan fasilitas pendukung bagi para dokter.

“Kami buka pintu seluas-luasnya bagi dokter yang ingin mengabdi di Kaltim, karena kami sangat butuh dokter yang ditempatkan di puskesmas-puskemas. Di sini ada puskesmas yang buka 24 jam dan puskesmas plus,” ucapnya.

Sementara itu, untuk ketersediaan dokter di Kaltim, pihaknya memberikan beasiswa untuk mengenyam pendidikkan kedokteran.

“Makanya ada siswa-siswi lulusan dari Kaltim yang kami beri beasiswa untuk sekolah kedokteran. Sehingga, ketika mereka lulus, mereka kembali ke Kaltim,” imbuhnya.

Sumber : news.okezone.com/read/2013/03/22/340/779767/sekira-3-000-puskemas-di-indonesia-belum-memiliki-dokter

Diposting oleh Henri K. on Jumat, 29 November 2013

0 komentar

Posting Komentar